Lompat ke isi utama

Berita

Ardiyanto Ajak Panwascam Betul-betul Mehami Peraturan Pemilu yang melekat dalam diri Sebagai Seorang Pengawas Pemilu

Ardiyanto Ajak Panwascam Betul-betul Mehami Peraturan Pemilu yang melekat dalam diri Sebagai Seorang Pengawas Pemilu

Lubuklinggau-Bawaslu Muratara, Dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Musi Rawas Utara terus berupaya seoptimal mungkin dalam kerja-kerja pengawasan, terutama kerja-kerja pada tahapan pemilu. Untuk itulah Bawaslu Kabupaten Musi Rawas Utara melakukan rapat evaluasi pengawasan pemutakhiran DPTb dan DPK di Hotel Smart Lubuklinggau sabtu s.d minggu 7 sd. 8/10/2023.

Acara ini dibuka langsung oleh pimpinan Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan Ardiyanto selaku KoordinatorDivisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan. Dalam pembukaannya beliau mengajak peserta memahami semua regulasi mulai dari Undang-undang, Peraturan KPU, serta yang utama yaitu peraturan Bawaslu.

“hal utama sebagai petugas pengawas pemilu yaitu pahami dulu aturan, pahami dulu undang-undang, peraturan KPU, dan yang paling utama yaitu peraturan Bawaslu sebagai peraturan lembaga tempat kita bernaung, belum keren sebagai pengawas pemilu jika belum memahami peraturan dan perundang-undang” ungkapnya dalam acara rapat evaluasi pengawasan pemutakhiran DPTb dan DPK, Sabtu 7/10/2023

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini ketua KPU kabupaten Musi Rawas Utara Agus Mariyanto, yang memaparkan dengan cukup baik dan jelas mulai dari teknis penyelenggaraan tahapan pemilu, hingga teknis mengenai Pemutakhiran Daftar Pemilih Tambahan dan Daftar Pemilih Khusus di Kabupaten Musi Rawas Utara.

Untuk dapat memperjelas mengenai daptar pemilih, hadir pula narasumber dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, yang memberikan beberapa hal studi kasus mengenai kependudukan dalam pemilihan umum tahun 2023, yang menjelaskan bahwa terdapat beberapa masyarakat yang melakukan pindah antar desa dalam satu kecamatan, adapula pindah desa antar kecamatan, dan terdapat beberapa orang yang pindah ke luar kabupaten dengan alasan tertentu, diperjelas lagi oleh narasumber bahwa Disdukcapil siap berkolaborasi dalam mensukseskan Pemilu tahun 2024.

Di akhir acara di tutup oleh pimpinan Bawaslu Kabupaten Musi Rawas Utara Vita Novalia Arifin, yang juga memberikan arahan serta semangat dalam melaksanakan kerja-kerja pengawasan di wilayah masing-masing pimpinan kecamatan.