Lompat ke isi utama

Berita

Pimpinan Bawaslu Muratara ajak Panwascam untuk Bijaksana dan Tegas dalam Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa

Pimpinan Bawaslu Muratara ajak Panwascam untuk Bijaksana dan Tegas dalam Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa

Muara Rupit-Bawaslu Muratara, Dalam meningkatkan kualitas yang berguna dalam menghadapi pemilu, Bawaslu Muratara gelar rapat koordinasi pembinaan aparatur pengawas pemilu dalam penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa pada pemilu tahun 2024 di aula siti rahma Muara Rupit, rabu 11/10/2023.

Pembinaan aparatur pengawas pemilu terus di optimalkan, terutama mengenai penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa, agar benar-benar siap dalam melaksanakan tugas dan siap menghadapi dinamika dan tantangan yang nanti akan ditemui dalam setiap tahapan pemilu kedepan.

Seorang pengawas pemilu itu di ibaratkan wasit, dimana akan menjadi pengawal jalannya perhelatan kontestasi politik, yang mengawasi peserta pemilu dan juga mengawasi pelaksana teknis pemilu yaitu KPU, kemudian memutuskan perkara jika ada pelaporan atau temuan pelanggaran.

“Kita ini diibaratkan seorang wasit, kitalah yang menentukan baik dan benar jalannya pemilu ini, tentu sebagai wasit, kebijaksanaan, ketegasan kita tidak hanya berdampak pada peserta pemilu, namun rakyat juga melihat kinerja kita.” Ungkap Hairul dalam sambutan pembukaan acara rapat koordinasi pembinaan aparatur pengawas pemilu dalam penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa pada pemilu tahun 2024 di aula siti rahma Muara Rupit, rabu 11/10/2023.

Turut hadir pihak kepolisian Kabupaten Musi Rawas Utara untuk memberikan materi kepada para peserta, memberikan pemahaman aturan-aturan kepolisian dalam hal kepemiluan, sekaligus mengajak peserta berdiskusi mengenai materi yang dipaparkan.

Acara ditutup oleh pimpinan Bawaslu Muratara Vita Novalia Arifin Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, yang menekankan kedisiplinan serta integritas dalam melaksanakan tugas pengawasan.

“kita harus disiplin, karena tugas yang kita emban sebagai seorang pengawas pemilu tidaklah mudah, jangan dianggap remeh, apalagi peserta pemilu yang kita hadapi ini banyak, ayo disiplin dan semangat”, ungkapnya.